Monday, November 12, 2007

Tips Penting Buat Pembicara Dadakan

Tiga hari kemarin aku ikut acara pelatihan yang diadain BEM UI, tahukah anda, beberapa (aku ngga inget jumlah pastinya) dari pembicara memulai pembicaraannya dengan bilang "maaf kalau penyampaiannya saya ada yang kurang" atau "maaf kalau saya kurang persiapan" "karena saya baru dihubungi panitia semalam"

Bisakah anda bayangkan jika anda berada di posisi audiens saat itu? pasti jadi ngga semangat dan berpikir "yah" atau "huh" (seenggaknya gw begini). Bahkan ada seorang peserta yang ngeluh "dari kemarin begitu terus"

Nah, sodara-sodara yang mungkin suatu saat jadi pembicara dadakan, jadi ban serep, jadi akar (karena ngga ada rotan), kuberi tips penting! Jangan katakan itu diawal pembicaraan di depan audiens!

Ini menjadi sangat penting karena kata-kata itu dapat menurunkan semangat audiens, dan kalau udah ngga semangat, jadi kurang menyimak dan lebih parah, ngga mudeng sama yang diomongin. Bersikaplah seolah memang andalah pembicara yang direncanakan sejak awal, usahakan audiens tidak tahu.

Pemberitahuan bahwa anda baru dihubungi dsb bisa disampaikan di akhir pembicaraan. Dan sekali lagi tahukah anda dengan disampaikan hal ini di akhir justru dapat membuat audiens anda terpukau dan mereka jadi berpikir "gile, serepnya aja begini bagus, gimana pembicaranya aslinya" (ini bisa terjadi kalau anda benar-benar menyampaikan materi dengan bagus)

Nah, tips yang lumayan bagus kan? ampuh lho..

~ngga biasa jadi pembicara, biasa jadi audiens

No comments: